Translate

Makalah Laporan Analisis Internal Perusahaan PT. Umas Jaya Agrotama


1.            Gambaran Umum


PT Umas Jaya Agromata memproduksi tepung tapioka untuk makanan dan minuman, dan industri pulp dan kertas. Ini beroperasi dua pabrik di Lampung yaitu Lampung Timur dan Lampung Tengah, kapasitas produksi perusahaan ini tahunan sebesar 80.000 ton. Perusahaan ini awalnya didirikan sebagai Umas Jaya Farm pada tahun 1979 sebelum diubah menjadi Umas Jaya agrotama pada tahun 1990.
PT. Umas Jaya Agrotama adalah perusahaan pengolahan tapioka yang terletak di Terbanggi Besar, Lampung Tengah dan di Sekampung Udik, Lampung Timur. Perusahaan ini satu grup dengan PT. Great Giant Pineapples, yaitu grup Gunung Sewu. Didalam pengolahan tapioka, PT. Umas Jaya Agrotama menggunakan sistem pengeringan Flash Drying, yaitu dengan menggunakan udara sebagai media pengeringan. Biaya pengeringan di PT. Umas Jaya Agrotama masih merupakan aspek biaya produksi yang tertinggi, kedua setelah biaya bahan baku.


2.            Lingkungan Internal Perusahaan


a.       Karyawan
Pada Perusahaan ini karyawan di bagi menjadi dua sesuai dengan teori yaitu karyawan berkerah putih dan karyawan berkerah biru. Karyawan berkerah putih jumlah nya 30 orang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan karyawan berkerah biru yang berkerja langsung di pabrik pengolahaan tepung tapiokanya ini yaitu berjumlah 94 orang.
b.      Manajemen
1.      Pelayanan
Pelayanan yang di berikan perusahaan bagi karyawan yaitu mes untuk tempat tinggal karyawan, kantin, jaringan internet di lingkungan perushaan, dan kendaraan bagi karyawan yang memiliki jabatan cukup tinggi. Sedangkan untuk konsumen yaitu jasa antar barang dengan hanya menelpon untuk memesan produk.
2.      Pengadaan
Merupakan fungsi dari bagian pengadaan, yang mencakup semua prosedur pembelian dengan pemasok, yang melibatkan antar perusahaan.
3.      Pengembangan Teknologi
Teknologi yang digunakan oleh perusahaan ini sudah sesuai SOP yang di tetapkan negara.
4.      .Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan ini mengadakan training didalamnya semua aktivitas perekrutan, pelatihan untuk karyawan baru , pengembangan untuk menambah keahlian karyawan, dan penilaian karyawan untuk seorang manajer.
c.       Dewan Direksi
Dewan direksi adalah pihak yang bertanggungjawab menentukan tujuan organisasi, menentukan strategi mencapai tujuan, dan lain-lain. Dewan direksi ditetapkan oleh para pemegang saham. Mereka memiliki beberapa tugas antara lain:
1.      Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan perusahaan.       
2.      Memilih, menetapkan dan mengawasi tugas dari karyawan dan
3.      para manajer.
4.      Menyusun anggaran tahunan perusahaan.
5.      Membuat laporan kinerja perusahaan pada para pemegang saham.


3.            Analisis Rantai Industri


PT. Umas Jaya Agrotama adalah perusahaan pengolahan tapioka yang terletak di Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Perusahaan ini satu grup dengan PT. Great Giant Pineapples, yaitu grup Gunung Sewu. Didalam pengolahan tapioka, PT. Umas Jaya Agrotama menggunakan sistem pengeringan Flash Drying, yaitu dengan menggunakan udara sebagai media pengeringan. Biaya pengeringan di PT. Umas Jaya Agrotama masih merupakan aspek biaya produksi yang tertinggi, kedua setelah biaya bahan baku

Dalam analisis diketahui bahwa unit core bisnis pengolahan tapioka yaitu PT. Umas Jaya Agrotama memiliki High Priority for resource allocation dengan pasar yang besar, dengan revenue terbesar dibanding dengan sister company nya, Divisi PT. Umas Jaya Agrotama mempunyai pasar yang relative tinggi tetapi bersaing dalam industri dengan pertumbuhan yang lambat. Menghasilkan uang tunai yang berlebih yang diperlukan dan sering dipakai untuk subsidi.

Melalui strategi ekspansi dan mencari pendanaan modal melalui IPO (surat hutang) diharapkan divisi ini dapat menghasilkan uang tunai lebih banyak lagi dan dapat bertumbuh di pasar Indonesia yang pengolahan tapioka tidak begitu pesat. Namun rencana Group Perseroaan PT. Umas Jaya Agrotama ini untuk ekspansi Group Perseroan ini terus akan mencoba ekspansi ke negara ASEAN seperti Malyasia, Philipina dan Vietnam dengan terus melobi pemerintah setempat untuk izin regulasi agar PT. Umas Jaya Agrotama dapat beroperasi di negara tersebut.

Untuk memperluas pasarnya dan pertumbuhan PT. Umas Jaya Agrotama melakukan strategi ekspansi ke wilayah-wilayah tanah air lainnya yang membantu kemajuan perusahaan PT. Umas Jaya Agrotama agar memiliki pasar yang lebih besar. Untuk itu PT. Umas Jaya Agrotama berfokus untuk meningkatkan pelayanan kepada pasar domestik melalu inovasi pelayanan dan inovasi manajemen.

Dengan strategi Group Pereseroan PT. Umas Jaya Agromata ini melantai ke lantai Bursa efek Indonesia  (BEI) nilai perusahaan yaitu kekeluarga dan gaya kepemimpinan dari pemimpin bisnis ini tetap pada Servant Leadership, inovatif dan dinamis. Gaya servant leadership ini dikulturisasikan pada semua group korporasi Gunung Sewu Group.

Dalam menyusun strategi disusun berdasarkan kondisi yang ada di dalam perusahaan tersebut. Dimana perusahaan tersebut dalam situasi perubahan dan perkembangan yang cepat. Resikonya agar strategi ini tetap relevan dengan perkembangan yang ada maka harus dilakukan evaluasi.


4.            Analisis Rantai Nilai Koporasi


Analisis rantai nilai digunakan untuk mengetahui serangkaian aktivitas perusahaan. Analisis ini disusun menggunakan table yang menunjukan aktivitas mana yang sudah optimal dan masih kurang dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan keunggulan PT Umas Jaya Agrotama.
1.      Primary Activities PT Umas Jaya Agrotama
a. Inbound logistics :
Pengelolaan likuiditas yang sehat, dengan jumlah kas atau setara kas senilai Rp.35milyar pada akhir tahun 2005, yang terdiri dari kas, giro pada bank
b. Operations :
Pemeliharaan produk tapioca yang di jaga kualitasnya. Compliance Group, yang mengawasi jalannya operasi agar sesuai dengan peraturan dari Group Sewu.
c. Outbound logistics :
Dengan dua tempat lokasi usaha di Lampung Tengah dan Lampung Timur perusahaan. Jalur distribusi pelayanan yang seimbang antara jaringan kantor cabang konvensional.
d. Marketing and sales :
Tersedianya information center yang cukup untuk menyampaikan informasi bagi calon konsumen atau konsumen.
Selain itu, adanya Corporate Social Responsibility yang memberikan beasiswa dan bantuan di beberapa sekolah, meskipun tidak bersifat iklan namun dapat menambah nilai di mata masyarakat. Lengkapnya fasilitas dan layanan perusahaan ditambah, serta dimbangi dengan perkembangan teknologi, merupakan suatu nilai plus tersendiri bagi perusahaan.
2. Supported Activities PT Umas Jaya Agrotama
a. Procurement :
Struktur pendanaan, 75% berasal dari pihak ketiga modal bersama dalam Group Sewu. Saham-saham yang diterbitkan sebagai salah satu media perolehan modal/kas. Saham-saham ini diperdagangkan di BEJ dan BES.
b. Human Resources Management :
Adanya Unit Training Human Resources, yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pelaksanaan program-program pengembangan SDM, diantaranya : Management Development, Information Technology Developmen
c. Infrastructure :
    Infrastruktur yang dikembangkan berdasarkan 4 konsep utama : struktur jalur pelaporan, bentuk struktur yang datar, struktur hirarki organisasi, dan struktur Strategic Business Unit. Pengawasan Internal : Internal audit Group, Compliance Group, Unit Pengelolaan Resiko. Jaringan intranet untuk sekitar kantor perusahaan. Risk Management Charter dan Risk Management Philosophy, yang ditetapkan oleh Dewan Komisaris sebagai bagian dari infrasruktur pengelolaan resiko.



loading...
KESIMPULAN



Adapun kesimpulan dari makalah ini adalah:
  1.   ada PT. Umas Jaya Agrotama lingkungan internal diisi oleh karyawan, manajemen yang terdiri dari pengadanaan, pelayanan, pengembangan teknologi,serta sumberdaya manusia, dan dewan direksi.
  2.  Analisi rantai nilai industri PT. Umas Jaya Agrotama meliputi primary activities yang termasuk di dalamnya yaitu inbound logistic, operation, outbound logistic, marketting and sales serta supported activites yang termasuk didalamnya procurement, human resource management, dan infrastucture
  3. Analisis rantai nilai korporasi PT. Umas Jaya Agrotama meliputi aktivitas utama perusahaan mencakup kegiatan inbound logistic, operations, outbound logistics, marketing and sales,and service dan  aktivitas pendukung suatu perusahaan mencakup firm infrastructur, human resource management, technology development, dan procurement


  DAFTAR PUSTAKA

  
Anonim a. 2012.  Elemen Lingkungan Internal. http://mokhamadsamsuri007.blogspot.co.id/2013/01/elemen-lingkungan-internal.html. Diakses pada 1 November 2015 pukul 14.40 WIB.
Anonim b. 2015. PT. Umas Jaya Agrotama. Http://Gunungsewu.com/out-bussines/umas-jaya-agrotama-uja. Diakses pada 1 November 2015 pukul 14.50 WIB.
Bateman dan Snell. 2007. Manajemen ed. 7 Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif Buku 1.Salemba. Jakarta.
Glendoh. 2000. Fungsi Pengawasan Dalam Penyelenggaaan Manajemen Korporasi. Surabaya. Univ. Petra.
Solihin, Ismail. 2012. Menstra. Erlangga. Bandung.
0 Komentar untuk "Makalah Laporan Analisis Internal Perusahaan PT. Umas Jaya Agrotama"

Back To Top