Translate

Gambaran Pengeluaran Rumah Tangga Per Bulan Desa Pancasila Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung Selatan


Dari data yang berhasil kami amati, pengeluaran untuk pangan pokok masyarakat di desa Pancasila, sumber karbohidrat seperti beras dapat menghabiskan biaya sekitar Rp. 240.000/bulan. Untuk lauk pauk menghabiskan biaya sekitar Rp. 450.000/bulan jadi keperluan mereka 1 bulan menghabiskan biaya sekitar Rp. 700.000/bulan. Ada juga beberapa keluarga yang pengeluaran biaya untuk pangan melebihi atau kurang dari biaya yang dirata-ratakan karena kebanyakan mereka mengambil panganan dari hasil tani mereka sendiri. Masyarakat di desa Pancasila jarang mengeluarkan uang mereka untuk buah-buahan, dengan kata lain mereka jarang memakan buah kecuali buah-buahan yang mereka tanam sendiri di lahan mereka. Untuk makanan jajanan mereka dapat menghabiskan biaya Rp.300.000 hingga Rp. 600.000 per bulan.

Untuk pengeluaran rokok untuk para kepala keluarga sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 per bulan tergantung rokok apa yang mereka pakai. Bahkan, ada dari mereka yang kekurangan biaya untuk membeli rokok, jadi mereka menggunakan rokok yang mereka buat sendiri atau disebut rokok linting. Untuk pengeluaran listrik yang dipakai perbulan bisa menghabiskan biaya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 120.000 tergantung pemakaian listrik yang mereka gunakan. Untuk pengeluaran bahan bakar / bensin bisa menghabiskan biaya sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 100.000 tergantung jarak yang mereka tempuh dengan menggunakan kendaraan mereka. Untuk pengeluaraan untuk sekolah anak mereka sekitar Rp. 150.000 per bulan. Untuk pengeluaran arisan tergantung arisan apa yang mereka ikuti. Kebanyakan mereka mengganggarkan uang untuk kesehatan mereka sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000 per bulan bahkan ada dari mereka yang tidak mengganggarkan uang mereka ntuk kesehatan mereka sendiri. Untuk pengeluaran uang pulsa mereka sekitar Rp. 10.000 hingga Rp.50.000 per bulan tergantung berapa banyak pengeluaran mereka untuk melakukan panggilan atau komunikasi lainnya. Untuk dana lain-lain, kebanyakan mereka telah menganggarkannya dengan uang tabungan yang mereka miliki masing-masing.

JANGAN LUPA BACA

loading...
Tag : lokasi
0 Komentar untuk "Gambaran Pengeluaran Rumah Tangga Per Bulan Desa Pancasila Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung Selatan"

Back To Top