Translate

Gambaran Kesejahteraan Petani Desa Pancasila Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung


Kesejahteraan keluarga petani merupakan output dari proses pengelolaan sumberdaya keluarga dan penanggulangan  masalah yang dihadapi keluarga petani. Kesejahteraan terkait dengan keberfungsian keluarga. Suatu keluarga akan berfungsi dan berkelanjutan ketika menjalankan fungsi dan tujan yang ada  di dalam suatu keluarga. Kesejahteraan petani juga terkait dengan kebutuhan pokok dan ketahanan keluarga mereka.

Kondisi pangan Indonesia saat ini belum mencapai tahap stabil dan aman dikarenakan banyak faktor seperti kesejahteraan petani yang masih jauh dari harapan, nilai impor yang besar terhadap produk pertanian negara lain, dan perubahan iklim yang mempengaruhi produksi pertanian. Ditambah lagi konsumsi pangan yang tinggi di masyarakat tidak berbanding lurus dengan produksi petani yang menghadapi masalah penyempitan lahan pertanian. Pendapatan petani dapat meningkat apabila bisa menghasilkan komoditas yang diminati masyarakat melalui diversifikasi pangan. Oleh karena itu fokus peningkatan produksi pertanian dengan berbasis daya lokal dalam negeri adalah untuk mengurangi tingginya angka impor dengan memperhatikan pada produktivitas dan kualitas tinggi. Petani juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing sesuai dengan karakteristik permintaan publik seperti nutrisi tinggi dan kesehatan yang aman.

Sama seperti petani-petani di daerah lain, kesejahteraan petani-petani yang ada di desa Pancasila juga masih sekedar hanya untuk mencukupi kebutuhan mereka. Karena kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan sumber pendapatan yang mereka dapatkan dari sektor pertanian. Ada juga dari keluarga petani di desa Pancasila yang sudah lebih dari cukup namun itu karena mereka tidak hanya mengandalkan penghasilan hanya dari sektor pertanian melainkan dari sumber-sumber usaha yang mereka miliki, seperti membuka warung, menjadi buruh, menjadi pegawai dan industri kecil pengolahan pertanian. Salah satu peningkatan kesejahteraan petani yang ada di desa Pancasila adalah koperasi, namun koperasi yang ada di desa Pancasila tidak menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya lagi. Ada juga kelompok tani yang dapat meningkatkan kesejahteraan, namun kelompok tani di desa Pancasila tidak menjalankan fungsinya dengan baik sehinggan hanya ada beberapa dusun yang ikut dalam kelompom tani.

BACA JUGA YA
loading...
0 Komentar untuk "Gambaran Kesejahteraan Petani Desa Pancasila Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung"

Back To Top