Translate

Gambaran Sumber Daya di Desa Pancasila Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung

Sumberdaya adalah sesuatu, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya. Contohnya adalah seorang petani yang menggarap sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanam jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam kegiatan tersebut ada yang disebut dengan sumberdaya manusia, sumberdaya materi dan sumberdaya waktu.
1.          Sumberdaya materi adalah adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Sumber daya materi bisa terdapat di mana saja seperti asset-aset berharga dan kepemilikan Untuk kasus ini, yang termasuk Sumberdaya materi adalah jagung dan tanah.
2.         Sumberdaya manusia (SDM) adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam kasus ini yang termasuk SDM adalah tenaga kerjanya yaitu petani berserta kedua anaknya.
3.         Sumberdaya waktu, terdiri dari waktu melakukan pekerjaan pribadi ( tidur, makan, mandi, ibadah), mencari nafkah, kegiatan social dan istirahat. Dalam kasus ini sumberdaya waktu yang digunakan yaitu mencari nafkah.

Sumberdaya Manusia
Dari pendataan anggota keluarga yang ada di dalam Rumah dan identitas mereka, pada umumnya dalam satu Rumah terdapat 4-6 anggota keluarga yang terdiri dari kepala keluarga, Ibu Rumah Tangga dan  anak. Tetapi, ada juga dari mereka yang masih tinggal dengan orangtua mereka. Pendidikan terakhir yang telah mereka tempuh kebanyakan adalah tamatan SD, namun beberapa petinggi desa berpendidikan terakhir sebagai sarjana. Pekerjaan yang mereka lakukan sekarang kebanyakan adalah Petani. Namun, ada juga kepala keluarga mereka yang juga bekerja sebagai tukang bangunan, petinggi desa, ataupun guru.


loading...

Sumberdaya Materi

Dari data yang kami amati, umumnya, masyarakat di Desa Pancasila sumberdaya materi yang mereka miliki, seperti ternak dan lahan pertanian adalah milik sendiri. Untuk kepemilikan Rumah yang mereka tempati, umumnya pun adalah Rumah milik sendiri dan sumber air bersih masyarakat Desa Pancasila kebanyakan berasal dari sumur gali. Masyarakat di desa Pancasila jarang yang memiliki komputer ataupun laptop, kebanyakan yang memiliki komputer adalah para petinggi desa dan beberapa sekolah yang ada disana. Namun, HP sudah tidak lumrah di desa Pancasila, masyarakat di desa Pancasila minimal telah memiliki 1 HP dalam satu Rumah. Alat transportasi yang mereka miliki pada umumnya adalah sepeda dan motor. Lalu, untuk pendapatan mereka adalah Rp. 30.000 hingga Rp. 100.000 perhari.

Sumberdaya Waktu
Masyarakat di Desa Pancasila menggunakan sumberdaya waktu mereka dengan kegiatan-kegiatan yang beragam. Dari data yang berhasil kami catat, kebanyakan kepala keluarga di Desa Pancasila adalah petani, jadi mereka menggunakan waktu sehari-hari meraka untuk berladang di sawah ataupun mengurus ternak sekitar 3 s.d 8 jam perhari. Namun, ada beberapa dari mereka yang bukan petani namun istri-istri mereka adalah petani. Jadi, kebanyakan kepala keluarga di desa Pancasila bekerja sebagai petani ataupun tukang bangunan. Jika mereka memiliki waktu luang, mereka menggunakannnya untuk beristirahat. Lalu, dalam kegiatan sosial mereka kurang aktif, jadi mereka tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan social. Namun, ada beberapa dari mereka yang mengikuti kegiatan sosial seperti KUBE ( Kelompok Usaha Bersama) dan Kelompok Tani yang biasa dilakukan 2-3 kali seminggu.

Ibu-ibu Rumah Tangga yang ada di Desa Pancasila kebanyakan hanya mengurus rumah dan anak-anak mereka di Rumah, namun ada juga yang ikut membantu suami mereka bekerja di ladang. Untuk kegiatan mengurus rumah dan anak biasanya menghabiskan waktu hingga 5 jam perhari. Tetapi, jika ibu-ibu disana membantu suami mereka, mereka bisa menghabiskan waktu 3-8 jam perhari untuk bekerja di ladang maupun sawah. Jika mereka memiliki waktu luang, mereka biasanya menghabiskan waktu mereka untuk beristirahat ataupun berkumpul dengan ibu-ibu lainnya. Ibu-ibu di desa Pancasila sangat aktif mengikuti kegiatan sosial seperti arisan yang bermacam-macam, seperti arisan mingguan, arisan bulanan, dan arisan tahunan yang berupa uang. 

BACA JUGA ARTIKEL INI
loading...
0 Komentar untuk "Gambaran Sumber Daya di Desa Pancasila Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung"

Back To Top