Translate

Awal Mula Lahirnya Sejarah Perkembangan Koperasi di Inggris


Lahirnya koperasi sangat erat kaitannya dengan revolusi Industri Inggris yang terjadi pada pertengahan abad ke-18.  Revolusi industri tersebut melahirkan tatanan ekonomi baru yang berbasis kapitalisme.  Kapitalisme hanya mengesahkan keserakahan dan melahirkan persaingan bebas yang tidak terbatas. Sistem ekonomi kapitalis hanya berpihak pada pemilik modal dan mengabaikan pihak lainnya.  Tak heran revolusi industri justru memperdalam kemelaratan dan kemiskinan bagi masyarakat ekonomi lemah.  Namun begitu, ideologi kapitalisme tidak hidup tanpa pesaing.  Ketimpangan ekonomi dalam masyarakat akibat kapitalisme mendorong lahirnya ideologi yang bersebrangan yaitu sosialisme. 

Revolusi industri di Inggris menyebabkan semakin tingginya tingkat pengangguran karena semakin banyak penggunaan mesin dalam proses industri. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara buruh dengan pemilik modal semakin besar ditambah dengan adanya penindasan dan kemiskinan masyarakat bawah di masa perkembangan kapitalisme di Inggris saat itu telah mendorong adanya cita-cita untuk membentuk suatu tatanan masyarakat yang lebih sosialis.  Dan akhirnya mendorong beberapa tokoh untuk mencari solusi agar tercipta pemerataan kekayaan di masyarakat.

loading...
Salah satu tokoh yang terkenal adalah Robert Owen merupakan seorang industriawan penganut sosialis Inggris.  Beliau adalah orang pertama yang mencetuskan istilah co-operation dan memberikan beberapa ide untuk mengatasi kemiskinan di Inggris.  Namun, hal ini kurang mendapat perhatian dan menyebabkan ide ini mengalami kegagalan. 

Pada tahun 1844 untuk mengatasi kemiskinan dan kemelaratan yang terjadi di Inggris, lahirlah koperasi pertama di Inggris yang terkenal dengan nama Koperasi Rochdale di bawah pimpinan Charles Howart.  Koperasi tersebut didirikan di Kota Rochdale, bagian utara Inggris, beranggotakan 28 pekerja.  Tanggal 24 Oktober 1844, hari lahirnya Koperasi Rochdale  diperingati sebagai hari “Gerakan Koperasi Modern”.  Tujuan didirikannya koperasi Rochdale ini untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalui pemungutan uang sebesar 1 poundsterling per anggota yang nantinya akan digunakan sebagai modal usaha. Adapun prinsip dari koperasi Rochdale yaitu :

1.      Pengawasan secara demokratis
2.      Bunga yang terbatas atas modal anggota
3.      Pengembalian sisa hasil usaha sesuai dengan jasanya pada koperasi
4.      Barang-barang hanya dijual sesuai dengan harga pasar yang berlaku dan harus secara tunai
5.      Tidak ada perbedaan berdasarkan ras, suku bangsa, agama dan aliran politik
6.      Barang-barang yang dijual adalah barang-barang yang asli dan bukan yang rusak atau palsu
7.      Pendidikan terhadap anggota secara berkesinambungan

loading...
Koperasi Rochdale mengalami peningkatan dari toko kecil menjadi usaha yang mampu mendirikan pabrik, menyediakan perumahan bagi para anggotanya, serta menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan anggota dan pengurus koperasi.
Pada tahun 1852 berdiri sekitar 100 koperasi konsumsi di Inggris dan akhirnya koperasi konsumsi ini menyatukan diri menjadi pusat Koperasi Pembelian dengan nama The Cooperative Whole-sale Society, disingkat C. W. S. Permulaan tahun 1863 CWS menjadi salah satu organisasi koperasi terbesar di Inggris dan mengubah namanya menjadi Kelompok Koperasi tahun 2001. Perkembangan koperasi di Inggris terus mengalami perkembangan hingga saat ini.  Namun, pada tahun 2007 koperasi ini mengalami keterpurukan karena 38 dari 41 toko-toko di Sussex gagal inspeksi kebakaran, sehingga Kelompok Koperasi ini didenda sebesar 210.000 poundsterling setelah melalui penyeledikan pada tahun berikutnya.  Akhirnya, pada bulan Mei 2010, Kelompok koperasi mengumumkan rencana untuk membangun markas baru di Manchester.


Tag : koperasi
0 Komentar untuk "Awal Mula Lahirnya Sejarah Perkembangan Koperasi di Inggris"

Back To Top