1.1
Latar Belakang
PT Masa Kini Mandiri telah mampu
memproduksi surat kabar 30.000 eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan
terbit tujuh kali seminggu. Harian umum Lampung Post juga melayani
percetakan dari luar perusahaan, seperti Dipasena dan Sumatera Post. Sistem
pengarsipan dengan cara menyimpan data dalam
bentuk digital dalam komputer pusat (computer server) sehingga dapat
diolah bersama-sama oleh masing-masing pengguna (user) yang telah
memiliki hak akses.
Lampung Post menyuguhkan
berbagai macam berita. Berita aktual atau terkini yang terjadi di wilayah
Provinsi Lampung dan berita-berita mengenai peristiwa penting terjadi di luar
negeri sering menghiasi wajah berita utama (headlines). Lampung Post juga
memuat berbagai macam peristiwa yang disampaikan masyarakat melalui SMS (Short
Message Service). Rubrik ini dilabeli dengan rubrik “Bandarlampung”.
PT.
Masa Kini Mandiri yang berusaha di bidang media cetak ini sudah terbilang cukup
besar dan memiliki karyawan yang banyak. Untuk mengetahui kinerja pegawainya,
maka perlu dilakukan identifikasi pelaksanaan kinerja pegawainya.
1.2
Tujuan
Adapun
tujuan dari dibuatnya makalah yang berjudul “Penilaian KinerjaPegawai pada PT.
Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”, yaitu :
1. Mengetahui Karakterisitik PT. Masa
Kini Mandiri (Lampung Post)”
2. Mengetahui kinerja pegawai di bidang penelitian dan
pengembangan PT. Masa Kini
Mandiri (Lampung Post)”
II. Deskripsi
Penilaian Kinerja Hasil Studi
a.
Karakteristik
Perusahaan
Harian Umum Lampung
Post hampir seusia Provinsi Lampung. Lampung resmi menjadi provinsi setelah
memekarkan diri dari Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan Peraturan Pemerintah
Pengganti Undang-Undang Nomor: 3 Tahun 1964 tanggal 18 Maret 1964 (Titian Pers
Lampung, Etos Perjuangan di Tanah Tapis, 1996: 3). Lampung Post berdiri berkat
imbauan Menteri Penerangan Republik Indonesia.
Lampung Post terbit pertama kali pada
tanggal 10 Agustus 1974, berdasarkan surat keputusan MENPEN RI No: 0148 SK
DIRJEN P 6 SIT 1974. Lampung Post diterbitkan oleh PT Masa Kini Mandiri dengan
Surat Izin Usaha Penerbitan (SIUP) nomor 150/SK/Men Pen/SIUP/a 7/1986. Alamat
redaksi Lampung Post di Jalan Soekarno Hatta nomor 108, Rajabasa,
Bandarlampung.
Dengan mottonya, “Dinamika Masyarakat Lampung”, Lampung Post
berkeinginan untuk menjadi surat kabar terdepan yang jujur, jernih, bermutu,
dan paling berpengaruh di Provinsi Lampung. Oleh sebab itu, Lampung Post
sejak awal berdiri sampai sekarang mengalami banyak perubahan. Untuk mencapai
tujuan tersebut, Lampung Post telah mengalami tiga fase perubahan.
Periode 1974--1988 merupakan awal masa berdirinya .
Saat ini, PT Masa Kini Mandiri telah mampu memproduksi surat kabar 30.000
eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan terbit tujuh kali seminggu. Harian
umum Lampung Post juga melayani percetakan dari luar perusahaan, seperti
Dipasena dan Sumatera Post. Sistem pengarsipan sudah lebih baik
dibandingkan periode-periode sebelumnya, data disimpan dalam bentuk digital
dalam komputer pusat (computer server) sehingga dapat
diolah bersama-sama oleh masing-masing pengguna (user) yang telah memiliki
hak akses.
Lampung Post menyuguhkan
berbagai macam berita. Berita aktual atau terkini yang terjadi di wilayah
Provinsi Lampung dan berita-berita mengenai peristiwa penting terjadi di luar
negeri sering menghiasi wajah berita utama (headlines). Lampung Post juga
memuat berbagai macam peristiwa yang disampaikan masyarakat melalui SMS (Short
Message Service). Rubrik ini
dilabeli dengan rubrik “Bandarlampung”.
Opini masyarakat tentang berbagai macam hal, terutama permasalahan aktual
yang sedang hangat dibicarakan, secara khusus dimasukkan ke dalam rubrik
“Opini”. Tidak hanya peristiwa politik, kriminal, atau pun ekonomi yang dimuat
oleh Lampung Post, berita olahraga, hiburan, pariwara hingga sastra juga
menghiasi halaman Lampung Post.
b.
Penilaian Pegawai
di bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Tenaga kerja
merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas. Suatu perusahaan tidak
akan menjalankan perusahaannya apabila tidak didukung oleh sumber daya manusia
yang ada dalam hal ini adalah karyawan. Selain itu suatu perusahaan tidak akan
memaksimalkan kinerja dan labanya tanpa adanya karyawan yang kompeten dan
produktif.
Untuk
itu, bagian penelitian dan pengembanan harus menjalankan tupoksinya sebagai
pengembang bagi sumberdaya pegawai perusahaan, tanpa adanya litbang, maka suatu
perusahaan akan cepat kehilangan pegawainya. Berikut hal- jal yang dilakukan
bagian litbang yaitu :
a.
Pengendalian
Iklim Kerja
Pengendalian iklim kerja merupakan salah satu cara yang dapat digunakan
untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia. Iklim kerja didefinisikan
sebagai suasana psikologis yang berpengaruh terhadap perilaku anggota
organisasi, terbentuk sebagai hasil tindakan organisasi dan interaksi diantara
anggota organisasi. Karena perilaku merupakan fungsi dari karakteristik manusia
dan persepsinya terhadap lingkungan, maka persepsi anggota organisasi terhadap
iklim kerja yang terbentuk dilingkungan kerjanya akan mempengaruhi perilakunya
dalam bekerja, dimana hal ini selanjutnya akan berpengaruh terhadap hasil
kerjanya. Persepsi yang positip terhadap iklim kerja akan memberikan hasil
kerja yang positip, demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu, dengan merubah persepsi
anggota organisasi terhadap iklim kerja, dapat dihasilkan peningkatan
produktivitas.
Harian Umum Lampung Post merupakan salah satu surat kabar terbesar di
Lampung. Dalam menjalankan kegiatan perusahaan diperlukan ketepatan dalam
penempatan karyawan, agar produktivitas kerja karyawan dapat meningkat sehingga
dapat mencapai target yang ingin dicapai perusahaan.
Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah tidak adanya penempatan
posisi kerja yang tepat sehingga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.
Dapat diketahui bahwa ketepatan penempatan tenaga kerja mempunyai pengaruh
positif terhadap produktivitas kerja karyawan dan jumlah penjualan surat kabar
Harian Umum Lampung Post di Bandarlampung.
Surat kabar Harian Umum Lampung Post harus benar-benar memperhatikan
ketepatan penempatan karyawan. Pimpinan perusahaan harus benar-benar
menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, kesehatan
(fisik/mental), status perkawinan dan usia karyawan sehingga dapat meningkatkan
produktivitas kerja karyawan. Selain itu pimpinan perusahaan juga harus
mengadakan evaluasi terhadap penempatan karyawan, untuk membantu karyawan agar
dapat meningkatkan kemampuan dan supaya dapat lebih memahami pekerjaannya
perusahaan juga harus melakukan pelatihan-pelatihan
yang berhubungan dengan pekerjaannya.
b. Pemberian Motivasi
Faktor motivasi memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual
karyawan. Karyawan memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan
perusahaan. Apabila karyawan memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang
tinggi, maka laju roda pun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan
menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan. maka sangatlah
strategis jika pengembangan kinerja individual karyawan dimulai dari peningkatan
motivasi kerja.
Adapun bentuk-bentuk motivasi yang diterapkan di Lampung Post adalah :
·
Teguran atau Kritik.
Menegur berarti mengingatkan bila seseorang tidak mencapai standar agar dia
dapat mencoba kembali mencapai standar tersebut. Di dalam menegur, pimpinan
harus dapat memperlihatkan kesalahan apa yang terjadi, memiliki cukup fakta.
Mengkritik adalah sebuah tindakan yang sulit karena malah akan membuat karyawan
patah semangat. Jadi sebisa mungkin pimpinan tidak menyampaikan kritik,
tetapi memberikan saran-saran berharga yang membangun.
·
Amarah.
Amarah disini adalah amarah seorang manajer untuk menegaskan kembali
standar keunggulan mutu perusahaan kepada karyawan.
·
Kepercayaan dan tanggung jawab
Pimpinan berusaha untuk meyakinkan karyawannya bahwa karyawannya itu
dibutuhkan oleh perusahaan. Secara tidak langsung,karyawan itu akan terpengaruh
untuk berusaha jika diberikan tanggung jawab karena tanggung jawab adalah wujud
otoritas untuk membuat perubahan atau mengambil keputusan. Lebih jauh lagi, memberikan
tanggung jawab berarti memberikan kesempatan kepada karyawan untuk membuktikan
kemampuannya.
·
Materi.
Memberikan materi adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia (Teori
Maslow). Materi yang diberikan berupa gaji yang layak, fasilitas, kendaraan, rumah.
Berdasarkan bentuk motivasi yang diterapkan di Lampung
Post,maka teknik motivasi yang digunakan adalah Mangkunegara (2000) menyodorkan
beberapa teknik motivasi kerja pegawai, yaitu :
Teknik
Pemenuhan Kebutuhan Pegawai, Teknik Komunikasi Persuasif.
c.
Mengadakan Pelatihan secara Berkala
kepada Karyawan
Pelatihan
dilakukan secara berkala,paling tidak enam bulan sekali dilakukan bagi pegawai
tetap. Bentuk-bentuk pelatihan yang diterapkan:
1.
Magang/Apprenticeship
Training.
Magang
adalah suatu pembekalan pegawai baru dengan cara belajar langsung dengan senior
dan diawasi oleh para pakar atau ahlinya. Untuk mendapatkan skill yang sama
dengan masternya dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama,dalam hal ini Lampung
Post memberikan magang selama 9bulan kepada pegawai baru. Baru setelah 9bulan
magang, pegawai baru diangakat menjadi pegawai tetap.
2.
Learning By
Doing/On The Job Training/Bekerja Sambil Belajar.
On the job
training adalah suatu bentuk pembekalan yang dapat mempercepat proses
pemindahan pengetahuan dan pengalaman kerja/transfer knowledge dan para
karyawan senior ke junior. Pelatihan ini langsung menerjunkan pegawai baru
bekerja sesuai dengan job description/jobdesc masing-masing di bawah
supervisi/pengawasan penyelia atau karyawan senior.
d. Melakukan Promosi Jabatan
Promosi
yaitu perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan lain yang mempunyai status dan
tanggung jawab yang lebih tinggi. Biasanya perpindahan ke jabatan yang lebih
tinggi tersebut diikuti dengan peningkatan gaji, walaupun tidak selalu demikian.
Pimpinan akan mempromosikan karyawannya apabila karyawan tersebut telah
memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
Kejujura, Disiplin, Prestasi
kerja, Kerjasama, Kecakapan, Loyalitas, Kepemimpinan, Komunikatif dan Pendidikan.
Promosi yang diterapkan di Lampung Post antara lain:
·
Promosi
sementara yaitu seseorang karyawan dinaikkan jabatannya untuk sementara karena
adanya jabatan yang lowong yang harus segera diisi.
·
Promosi
tetap yaitu karyawan dipromosikan karena sudah memenuhi persyaratannya.
·
Promosi
kecil yaitu kenaikan jabatan ke tingkat yang lebih sulit yang memerlukan
ketrampilan tertentu, tetapi tidak diiringi peningkatan wewenang, tanggung
jawab & gaji.
·
Promosi
kering yaitu naik jabatan yang lebih tinggi disertai dengan peningkatan
pangkat, wewenang & tanggung jawab tetapi tidak disertai kenaikan gaji.
loading...
KESIMPULAN
- Adapun kesimpulan dari dibuatnya makalah yang berjudul “Penilaian Kinerja Pegawai pada PT. Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”, yaitu :
- 1. PT. Masa Kini Mandiri (Lampost) merupakan perusahaan yang bekerja di bidang media cetak. Saat ini, PT Masa Kini Mandiri telah mampu memproduksi surat kabar 30.000 eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan terbit tujuh kali seminggu.
- 2. PT. Masa Kini Harian (Lampost) memiliki pegawai dibidang penelitian dan pengembangan yang mengurusi sumber daya manusia yang dimiliki oleh PT tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
0 Komentar untuk "PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA PT. MASA KINI MANDIRI (Lampung Post)"