Translate

PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA PT. MASA KINI MANDIRI (Lampung Post)

1.                  PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang

 PT Masa Kini Mandiri telah mampu memproduksi surat kabar 30.000 eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan terbit tujuh kali seminggu. Harian umum Lampung Post juga melayani percetakan dari luar perusahaan, seperti Dipasena dan Sumatera Post. Sistem pengarsipan dengan cara menyimpan data dalam bentuk digital dalam komputer pusat (computer server) sehingga dapat diolah bersama-sama oleh masing-masing pengguna (user) yang telah memiliki hak akses.

Lampung Post menyuguhkan berbagai macam berita. Berita aktual atau terkini yang terjadi di wilayah Provinsi Lampung dan berita-berita mengenai peristiwa penting terjadi di luar negeri sering menghiasi wajah berita utama (headlines). Lampung Post juga memuat berbagai macam peristiwa yang disampaikan masyarakat melalui SMS (Short Message Service). Rubrik ini dilabeli dengan rubrik “Bandarlampung”.

PT. Masa Kini Mandiri yang berusaha di bidang media cetak ini sudah terbilang cukup besar dan memiliki karyawan yang banyak. Untuk mengetahui kinerja pegawainya, maka perlu dilakukan identifikasi pelaksanaan kinerja pegawainya.

1.2              Tujuan

Adapun tujuan dari dibuatnya makalah yang berjudul “Penilaian KinerjaPegawai pada PT. Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”, yaitu :

1.      Mengetahui Karakterisitik  PT.  Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”
2.      Mengetahui kinerja pegawai di bidang penelitian dan pengembangan PT.  Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”


II. Deskripsi Penilaian Kinerja Hasil Studi


a.             Karakteristik Perusahaan

 Harian Umum Lampung Post hampir seusia Provinsi Lampung. Lampung resmi menjadi provinsi setelah memekarkan diri dari Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor: 3 Tahun 1964 tanggal 18 Maret 1964 (Titian Pers Lampung, Etos Perjuangan di Tanah Tapis, 1996: 3). Lampung Post berdiri berkat imbauan Menteri Penerangan Republik Indonesia.
Lampung Post terbit pertama kali pada tanggal 10 Agustus 1974, berdasarkan surat keputusan MENPEN RI No: 0148 SK DIRJEN P 6 SIT 1974. Lampung Post diterbitkan oleh PT Masa Kini Mandiri dengan Surat Izin Usaha Penerbitan (SIUP) nomor 150/SK/Men Pen/SIUP/a 7/1986. Alamat redaksi Lampung Post di Jalan Soekarno Hatta nomor 108, Rajabasa, Bandarlampung.

Dengan mottonya, “Dinamika Masyarakat Lampung”, Lampung Post berkeinginan untuk menjadi surat kabar terdepan yang jujur, jernih, bermutu, dan paling berpengaruh di Provinsi Lampung. Oleh sebab itu, Lampung Post sejak awal berdiri sampai sekarang mengalami banyak perubahan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Lampung Post telah mengalami tiga fase perubahan. Periode 1974--1988 merupakan awal masa berdirinya .

Saat ini, PT Masa Kini Mandiri telah mampu memproduksi surat kabar 30.000 eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan terbit tujuh kali seminggu. Harian umum Lampung Post juga melayani percetakan dari luar perusahaan, seperti Dipasena dan Sumatera Post. Sistem pengarsipan sudah lebih baik dibandingkan periode-periode sebelumnya, data disimpan dalam bentuk digital dalam komputer pusat (computer server) sehingga dapat


diolah bersama-sama oleh masing-masing pengguna (user) yang telah memiliki hak akses.

Lampung Post menyuguhkan berbagai macam berita. Berita aktual atau terkini yang terjadi di wilayah Provinsi Lampung dan berita-berita mengenai peristiwa penting terjadi di luar negeri sering menghiasi wajah berita utama (headlines). Lampung Post juga memuat berbagai macam peristiwa yang disampaikan masyarakat melalui SMS (Short Message Service). Rubrik ini
dilabeli dengan rubrik “Bandarlampung”.

Opini masyarakat tentang berbagai macam hal, terutama permasalahan aktual yang sedang hangat dibicarakan, secara khusus dimasukkan ke dalam rubrik “Opini”. Tidak hanya peristiwa politik, kriminal, atau pun ekonomi yang dimuat oleh Lampung Post, berita olahraga, hiburan, pariwara hingga sastra juga menghiasi halaman Lampung Post. 

b.             Penilaian Pegawai di bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang)


Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas. Suatu perusahaan tidak akan menjalankan perusahaannya apabila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang ada dalam hal ini adalah karyawan. Selain itu suatu perusahaan tidak akan memaksimalkan kinerja dan labanya tanpa adanya karyawan yang kompeten dan produktif.

Untuk itu, bagian penelitian dan pengembanan harus menjalankan tupoksinya sebagai pengembang bagi sumberdaya pegawai perusahaan, tanpa adanya litbang, maka suatu perusahaan akan cepat kehilangan pegawainya. Berikut hal- jal yang dilakukan bagian litbang yaitu :
a.      Pengendalian Iklim Kerja
Pengendalian iklim kerja merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia. Iklim kerja didefinisikan sebagai suasana psikologis yang berpengaruh terhadap perilaku anggota organisasi, terbentuk sebagai hasil tindakan organisasi dan interaksi diantara anggota organisasi. Karena perilaku merupakan fungsi dari karakteristik manusia dan persepsinya terhadap lingkungan, maka persepsi anggota organisasi terhadap iklim kerja yang terbentuk dilingkungan kerjanya akan mempengaruhi perilakunya dalam bekerja, dimana hal ini selanjutnya akan berpengaruh terhadap hasil kerjanya. Persepsi yang positip terhadap iklim kerja akan memberikan hasil kerja yang positip, demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu, dengan merubah persepsi anggota organisasi terhadap iklim kerja, dapat dihasilkan peningkatan produktivitas.
Harian Umum Lampung Post merupakan salah satu surat kabar terbesar di Lampung. Dalam menjalankan kegiatan perusahaan diperlukan ketepatan dalam penempatan karyawan, agar produktivitas kerja karyawan dapat meningkat sehingga dapat mencapai target yang ingin dicapai perusahaan.

Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah tidak adanya penempatan posisi kerja yang tepat sehingga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Dapat diketahui bahwa ketepatan penempatan tenaga kerja mempunyai pengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan dan jumlah penjualan surat kabar Harian Umum Lampung Post di Bandarlampung.

Surat kabar Harian Umum Lampung Post harus benar-benar memperhatikan ketepatan penempatan karyawan. Pimpinan perusahaan harus benar-benar menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, kesehatan (fisik/mental), status perkawinan dan usia karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Selain itu pimpinan perusahaan juga harus mengadakan evaluasi terhadap penempatan karyawan, untuk membantu karyawan agar dapat meningkatkan  kemampuan dan supaya dapat lebih memahami pekerjaannya perusahaan juga harus melakukan pelatihan-pelatihan
yang berhubungan dengan pekerjaannya.
  
b.     Pemberian Motivasi

Faktor motivasi memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual karyawan. Karyawan memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan. Apabila karyawan memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang tinggi, maka laju roda pun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan. maka sangatlah strategis jika pengembangan kinerja individual karyawan dimulai dari peningkatan motivasi kerja.
Adapun bentuk-bentuk motivasi yang diterapkan di Lampung Post adalah :
·         Teguran atau Kritik.
Menegur berarti mengingatkan bila seseorang tidak mencapai standar agar dia dapat mencoba kembali mencapai standar tersebut. Di dalam menegur, pimpinan harus dapat memperlihatkan kesalahan apa yang terjadi, memiliki cukup fakta. Mengkritik adalah sebuah tindakan yang sulit karena malah akan membuat karyawan patah semangat. Jadi sebisa mungkin pimpinan tidak  menyampaikan kritik, tetapi memberikan saran-saran berharga yang membangun.
·           Amarah.
Amarah disini adalah amarah seorang manajer untuk menegaskan kembali standar keunggulan mutu perusahaan kepada karyawan.
·         Kepercayaan dan tanggung jawab
Pimpinan berusaha untuk meyakinkan karyawannya bahwa karyawannya itu dibutuhkan oleh perusahaan. Secara tidak langsung,karyawan itu akan terpengaruh untuk berusaha jika diberikan tanggung jawab karena tanggung jawab adalah wujud otoritas untuk membuat perubahan atau mengambil keputusan. Lebih jauh lagi, memberikan tanggung jawab berarti memberikan kesempatan kepada karyawan untuk membuktikan kemampuannya.
·           Materi.
Memberikan materi adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia (Teori Maslow). Materi yang diberikan berupa gaji yang layak, fasilitas, kendaraan, rumah.
Berdasarkan bentuk motivasi yang diterapkan di Lampung Post,maka teknik motivasi yang digunakan adalah Mangkunegara (2000) menyodorkan beberapa teknik motivasi kerja pegawai, yaitu :
Teknik Pemenuhan Kebutuhan Pegawai, Teknik Komunikasi Persuasif.

c.       Mengadakan Pelatihan secara Berkala kepada Karyawan

Pelatihan dilakukan secara berkala,paling tidak enam bulan sekali dilakukan bagi pegawai tetap. Bentuk-bentuk pelatihan yang diterapkan:

1.      Magang/Apprenticeship Training.

Magang adalah suatu pembekalan pegawai baru dengan cara belajar langsung dengan senior dan diawasi oleh para pakar atau ahlinya. Untuk mendapatkan skill yang sama dengan masternya dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama,dalam hal ini Lampung Post memberikan magang selama 9bulan kepada pegawai baru. Baru setelah 9bulan magang, pegawai baru diangakat menjadi pegawai tetap.
2.      Learning By Doing/On The Job Training/Bekerja Sambil Belajar.

On the job training adalah suatu bentuk pembekalan yang dapat mempercepat proses pemindahan pengetahuan dan pengalaman kerja/transfer knowledge dan para karyawan senior ke junior. Pelatihan ini langsung menerjunkan pegawai baru bekerja sesuai dengan job description/jobdesc masing-masing di bawah supervisi/pengawasan penyelia atau karyawan senior.

d.      Melakukan Promosi Jabatan

Promosi yaitu perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan lain yang mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi. Biasanya perpindahan ke jabatan yang lebih tinggi tersebut diikuti dengan peningkatan gaji, walaupun tidak selalu demikian. Pimpinan akan mempromosikan karyawannya apabila karyawan tersebut telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
Kejujura,  Disiplin, Prestasi kerja, Kerjasama, Kecakapan, Loyalitas,  Kepemimpinan, Komunikatif dan Pendidikan.
Promosi yang diterapkan di Lampung Post antara lain:
·         Promosi sementara yaitu seseorang karyawan dinaikkan jabatannya untuk sementara karena adanya jabatan yang lowong yang harus segera diisi.
·         Promosi tetap yaitu karyawan dipromosikan karena sudah memenuhi persyaratannya.
·         Promosi kecil yaitu kenaikan jabatan ke tingkat yang lebih sulit yang memerlukan ketrampilan tertentu, tetapi tidak diiringi peningkatan wewenang, tanggung jawab & gaji.
·         Promosi kering yaitu naik jabatan yang lebih tinggi disertai dengan peningkatan pangkat, wewenang & tanggung jawab tetapi tidak disertai kenaikan gaji.



loading...
KESIMPULAN
                                                   
  1. Adapun kesimpulan dari dibuatnya makalah yang berjudul “Penilaian Kinerja Pegawai pada PT. Masa Kini Mandiri (Lampung Post)”, yaitu :
  2. 1.      PT. Masa Kini Mandiri (Lampost) merupakan perusahaan yang bekerja di bidang media cetak. Saat ini, PT Masa Kini Mandiri telah mampu memproduksi surat kabar 30.000 eksemplar per harinya dengan 24 halaman dan terbit tujuh kali seminggu.
  3. 2.      PT. Masa Kini Harian (Lampost) memiliki pegawai dibidang penelitian dan pengembangan yang mengurusi sumber daya manusia yang dimiliki oleh PT tersebut.



     
DAFTAR PUSTAKA




0 Komentar untuk "PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA PT. MASA KINI MANDIRI (Lampung Post)"

Back To Top