Translate

penggunaan valuasi ekonomi biaya perjalanan (travel cost) dalam menghitung suatu sumber daya


            Jelaskan penggunaan valuasi ekonomi biaya perjalanan (travel cost) dalam menghitung suatu sumber daya?

Jawab :

Tempat rekreasi tidak memiliki nilai pasar yang pasti, maka penilaian tempat rekreasi dilakukan dengan pendekatan biaya perjalanan. Metode biaya perjalanan (travel cost method) ini dilakukan dengan menggunakan informasi  tentang  jumlah uang yang dikeluarkan dan waktu  yang digunakan untuk mencapai  tempat rekreasi untuk mengestimasi besarnya nilai  benefit dari  upaya perubahan kualitas lingkungan  dari tempat rekreasi yang  dikunjungi (Sahlan, 2008).

Bulov dan Lundgren (2007) menyebutkan bahwa jasa lingkungan seringkali tidak dihargai oleh pasar, sehingga kerap dinilai jauh di bawah nilai sesungguhnya dan dianggap sebagai sumber daya yang tidak layak dihargai sebagai aset. Pendekatan travel cost adalah suatu metode yang didasarkan pada survei atas biaya perjalanan responden sebagai dasar perhitungan atas kesediaan membayar (willingness to pay) ketika berkunjung ke suatu objek wisata.  Metode Biaya Perjalanan  (Travel Cost Method) ini dilakukan dengan menggunakan informasi tentang jumlah uang yang dikeluarkan untuk mencapai tempat rekreasi untuk mengestimasi besarnya nilai benefit dari upaya perubahan kualitas lingkungan dari tempat rekreasi yang dikunjungi.

Metode biaya perjalanan mengasumsikan bahwa biaya perjalanan merefleksikan harga suatu tempat rekreasi. Metode biaya perjalanan digunakan untuk menganalisis permintaan terhadap rekreasi di alam terbuka seperti memancing, berburu, hiking dan lain-lain. Secara prinsip metode ini mengkaji biaya-biaya yang dikeluarkan setiap individu untuk mendatangi tempat-tempat rekreasi tersebut. Metode biaya ini dapat digunakan untuk mengatur manfaat dan biaya akibat (Fauzi; 2004) :
a.       Perubahan biaya akses (tiket) masuk bagi suatu tempat rekreasi
b.      Penambahan tempat rekreasi baru
c.       Perubahan kualitas lingkungan tempat rekreasi
d.      Pengunjung akan memberi respon yang sama terhadap perubahan harga karcis, dan jumlah biaya perjalanan
e.       Perjalanan tidak merupakan suatu kepuasan, kepuasan di tempat rekreasi sama untuk setiap pengunjung tanpa melihat asal pengunjung
f.       Setiap rekreasi alternatif mempunyai kepuasan maksimum
g.      Selera, preferensi dan pendapatan pengunjung dianggap sama

Bermacamteknikpenilaiandapatdigunakan untuk mengkuantifikasikan konsepdarinilai. Konsepdasar dalam penilaianekonomiyang mendasari semua teknikadalahkesediaanmembayardariindividuuntukjasa-jasalingkungan atau sumberdaya(Munasinghe, 1993).  Teknik penilaian manfaat, didasarkan pada kesediaan konsumen membayar perbaikanataukesediaanmenerimakompensasidenganadanya kemundurankualitas lingkungandalamsistemalamisertakualitaslingkungansekitar(Hufschmidtetal.,
1987).

PearcedanMoran(1994)menyatakankesediaan membayar dari rumah tangga keiuntuk perubahan dari kondisi lingkungan awal (Qo) menjadi kondisi lingkungan yanglebih baik (Q1) dapat disajikan dalam bentuk fungsi, yaitu :
WTPi  = f(Q1– Qo, Pown,i, Psub,i, Si, )

loading...
Keterangan :
WTPi           = Kesediaan membayar dari rumah tanggake i
Pown           = Harga dari penggunaan sumberdayalingkungan
Psub,i,     =Hargasubtitusi untuk penggunan sumberdayaLingk.
Si,= Karakteristik sosial ekonomi rumah tanggake i
Menurut Bahruni (1993) untuk mengetahui kurva permintaan, dibuat model permintaan yang merupakan hubungan antara jumlah kunjungan per seribu penduduk daerah asal (zona) pengunjung dengan biaya perjalanan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menentukan fungsi permintaan tersebut :
1.      Menentukan jumlah kunjungan.
2.      Menduga distrubusi (persentase) daerah asal pengunjung berdasarkan sensus pengunjung di pintu masuk.
3.      Menentukan jumlah kunjungan per tahun dari daerah tertentu
4.      Menentukan jumlah kunjungan dari daerah tertentu per 1000 penduduk
5.      Menentukan biaya perjalanan rata-rata dari daerah tertentu, yang ditentukan berdasarkan biaya perjalanan responden
6.      Menentukan nilai ekonomi dengan kunjungan per 1000 penduduk sebagai Y dan biaya perjalanan wisata sebagai X.


0 Komentar untuk "penggunaan valuasi ekonomi biaya perjalanan (travel cost) dalam menghitung suatu sumber daya"

Back To Top