Translate

Gambaran Keadaan Umum Kabupaten Lampung Timur

a.  Letak Geografis
Penelitian dilakukan di Kabupaten Lampung Timur.  Secara geografis Kabupaten Lampung Timur membentang pada posisi 105º15’ BT -- 106º20’ BT dan 4º37’ LS -- 5º37’ LS.  Kabupaten Lampung Timur memiliki luas wilayah kurang lebih 5.325,03 km2  yang terdiri dari 24 kecamatan dan 257 desa.
Secara administratif Kabupaten Lampung Timur berbatasan dengan:
1.  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Rumbia, Seputih Surabaya, dan Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, serta Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang.
2.  Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Jawa, Provinsi Banten dan DKI
     Jakarta.
3.  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Bintang, Ketibung,
     Palas, Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan.
4.  Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Bantul, Metro Raya, Kota
          Metro, Kecamatan Punggur dan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah.

BACA JUGA
loading...

b.  Topografi dan Iklim

Suhu udara di suatu tempat antara lain ditentukan oleh tinggi rendahnya tempat tersebut dari permukaan air laut dan jaraknya dari pantai.  Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2011, suhu rata-rata berkisar antara 20oC sampai 32oC dan rata-rata banyaknya curah hujan yaitu 1.500 mm/tahun.

c.  Keadaan Demografi

Berdasarkan BPS (2011), penduduk di Kabupaten Lampung Timur tercatat berjumlah 951.639 jiwa, yangterdiri dari 488.670 penduduk berjenis kelamin laki-laki dan 462.969 jiwa penduduk berjenis kelamin perempuan.


d.  Sarana dan Prasarana

Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai, yang terdiri dari sarana pendidikan, kesehatan, tempat peribadatan, koperasi, dan kendaraan.  Jika dilihat dari segi infrastruktur, secara umum transportasi antar daerah relatif lancar, namun memiliki kondisi jalan yang kurang baik, karena masih berupa kerikil dan tanah.

LIHAT JUGA

loading...
Tag : lokasi
0 Komentar untuk "Gambaran Keadaan Umum Kabupaten Lampung Timur"

Back To Top