Translate

MAKALAH PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ISTILAH PENERANGAN, INFORMASI, KOMUNIKASI, PROPAGANDA DAN KAMPANYE DENGAN PENYULUHAN

I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Manusia sebagai makhluk sosial pasti melakukan komunikasi satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Intinya komunikasi dilakukan untuk menyampaikan informasi. Begitu pula dengan penerangan, informasi, propaganda, kampanye, dan penyuluhan yang mempunyai tujuan yang sama dengan komunikasi yaitu menyampaikan informasi.
 Pembeda antara komunikasi, penerangan, informasi, komunikasi, propaganda, kampanye, dan penyuluhan adalah cara menyampaikan informasi yang terkandung di dalamnya, selain itu di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata-kata tersebut juga memiliki pengertian yang berbeda.  Berdasarkan hal tersebut, maka kami menyusun makalah ini agar pembaca dapat mengerti pengertian, persamaan, serta perbedaan antara komunikasi, penerangan, informasi, komunikasi, propaganda, kampanye dengan penyuluhan.

 1.2 Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye
2.      Untuk mengetahui persamaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan
3.      Untuk mengetahui perbedaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan

 II. PEMBAHASAN
  
2.1. Pengertian istilah penerangan

Penerangan dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang hanya sekedar memberitahu tanpa mengharapkan bahwa orang yang diberi penerangan itu akan menerapkan apa yang telah diberitahunya.
Penerangan adalah pemberitahuan sesuatu kepada seseorang atau sekolompok orang dimana pihak yang memberi penerangan bersikap memperhatikan.

2.2. Pengertian istilah informasi

Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Definisi informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.
Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

2.3. Pengertian istilah komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).

2.4. Pengertian istilah propaganda

Propaganda (dari bahasa Latin modern: propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan) adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara obyektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk memengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya.
Propaganda kadang menyampaikan pesan yang benar, namun seringkali menyesatkan dimana umumnya isi propaganda hanya menyampaikan fakta-fakta pilihan yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu, atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional. Tujuannya adalah untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.
Propaganda adalah sebuah upaya disengaja dan sistematis untuk membentuk persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisi, dan memengaruhi langsung perilaku agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki pelaku propaganda.
propaganda dapat digolongkan menurut sumbernya:

propaganda putih berasal dari sumber yang dapat diidentifikasi secara terbuka.
propaganda hitam berasal dari sumber yang dianggap ramah akan tetapi sebenar-benarnya bermusuhan.
propaganda abu-abu berasal dari sumber yang dianggap netral tapi sebenarnya bermusuhan.

2.5. Pengertian istilah kampanye

Kampanye merupakan kegiatan untuk memperkenalkan seseorang atau seseuatu pada khalayak ramai. Definisi kampanye adalah sebuah tindakan doktet yang bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan. Usaha kampanye bisa dilakukan oleh peorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan di dalam suatu kelompok. Kampanye umumnya dilakukan dengan slogan, pembicaraan, barang cetakan, penyiaran barang rekaman berbentuk gambar atau suara.

2.6. Persamaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan
Berdasarkan definisi dari istilah-istilah tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan antara istilah tersebut dengan penyuluhan. Persamaan-persamaannya adalah sebagai berikut:
1.      Penyuluhan dan penerangan : Penerangan dan penyuluhan adalah suatu proses memberikan penjelasan. Penerangan disini merupakan bagian dari penyuluhan.
2.      Penyuluhan dan informasi : Informasi adalah sesuatu yang disampaikan dalam penyuluhan. Informasi disini juga merupakan bagian dari penyuluhan.
3.      Penyuluhan dan komunikasi : Komunikasi adalah suatu hal yang pasti terjadi dalam berlangsungnya proses penyuluhan agar tersampaikannya informasi kepada peserta penyuluhan.
4.      Penyuluhan dan propaganda : definisi penyuluhan dan propaganda adalah sama yaitu penerangan.
5.      Penyuluhan dan kampanye : tujuan penyuluhan dan kampanye adalah sama yaitu memperkenalkan sesuatu pada khalayak.

2.7. Perbedaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan

Berdasarkan definisi istilah-istilah diatas, dapat diketahui beberapa perbedaan antara istilah-istilah tersebut dengan penyuluhan. Perbedaan istilah-istilah itu adalah sebagai berikut:
1.      Penyuluhan dan penerangan : penyuluhan dilakukan dengan penjelasan sampai penerapan yang dilakukan oleh peserta penyuluhan sedangkan penerangan dilakukan hanya sekedar penjelasan.
2.      Penyuluhan dan informasi : informasi hanya memberikan pengetahuan tanpa adanya praktik, sedangkan  penyuluhan dilakukan sampai dengan adanya praktik yang dilakukan oleh individu.
3.      Penyuluhan dan komunikasi : penyuluhan memiliki sumber pengetahuan cenderung dari fasilitator sedangkan dalam komunikasi sumber pengetahuan adalah kedua orang atau lebih yang saling berhubungan, dengan kata lain komunikasi adalah proses timbal balik.
4.      Penyuluhan dan propaganda : propaganda tidak mementingkan benar atau salah berita yang disampaikan, sedangkan penyuluhan mementingkan kebenaran berita yang disampaikan.
5.      Penyuluhan dan kampanye : kampanye hanya memperkenalkan sesuatu yang baru kepada khalayak, sedangkan penyuluhan memperkenalkan sekaligus memberikan bimbingan untuk melakukan hal tersebut.

 
loading...
III. KESIMPULAN

Adapun kesimpulan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Pengertian istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye
·         Penerangan adalah suatu kegiatan yang hanya sekedar memberitahu tanpa mengharapkan bahwa orang yang diberi penerangan itu akan menerapkan apa yang telah diberitahunya.
·         Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
·         Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
·         Propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang.
·         Kampanye merupakan kegiatan untuk memperkenalkan seseorang atau seseuatu pada khalayak ramai.
2.      Persamaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan terdapat pada tujuannya yaitu menyampaikan informasi kepada khalayak.
3.      Perbedaan istilah penerangan, informasi, komunikasi, propaganda dan kampanye dengan penyuluhan terletak dalam cara penyampaian dan penerapannya.
0 Komentar untuk "MAKALAH PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ISTILAH PENERANGAN, INFORMASI, KOMUNIKASI, PROPAGANDA DAN KAMPANYE DENGAN PENYULUHAN "

Back To Top